Label

anime (16) film (4) game (6) heroes (3) hoax (7) kartun (3) legend (4) movie (5) novel (4) villains (3)

Senin, 07 Februari 2011

kotak pandora

Mitos Kotak Pandora dianggap salah satu mitos yang paling deskriptif tentang perilaku manusia dalam mitologi yunani . Yunani Kuno menggunakan mitos ini bukan hanya untuk mengajarkan diri mereka sendiri tentang kelemahan manusia, tetapi juga untuk menjelaskan beberapa kemalangan umat manusia.

Pandora, wanita pertama di Bumi

Pandora, menurut mitos, wanita pertama di Bumi. Dia diciptakan oleh dewa, masing-masing dari mereka memberinya hadiah, dengan demikian, namanya dalam bahasa Yunani berarti "seseorang yang menanggung semua hadiah".

Pandora diciptakan sebagai hukuman bagi umat manusia tersebut; Zeus ingin menghukum orang karena Prometheus mencuri api untuk memberikannya kepada mereka. wanita itu adalah sebuah anugerah yang indah namun jahat, menurut Hesiod. Hephaestus menciptakan dia dari tanah liat, membentuk dia sempurna, Aphrodite memberi kewanitaannya dan Athena diajarkan kerajinan nya. Hermes diperintahkan oleh Zeus untuk mengajar dia menjadi licik, keras kepala dan ingin tahu.

Kotak Pandora

Pandora's box

Pandora's box

Pandora diberi sebuah kotak atau guci, yang disebut "pithos" dalam bahasa Yunani. Dewa mengatakan bahwa kotak berisi hadiah khusus dari mereka, tetapi ia tidak diizinkan untuk membuka kotak yang pernah. Kemudian Hermes membawanya ke Epimetheus, saudara Prometheus, untuk menjadi istrinya. Prometheus Epimetheus sudah menyarankan untuk tidak menerima sesuatu dari dewa, tetapi ia melihat Pandora dan tercengang oleh kecantikannya, sehingga ia membiakannya untuk pergi.

Pandora berusaha menjinakkan rasa ingin tahunya, tapi pada akhirnya ia tidak dapat menahan diri lagi, dia membuka kotak itu dan semua penyakit dan kesulitan yang dewa telah tersembunyi di dalam kotak mulai keluar. Pandora takut, karena ia melihat semua roh-roh jahat keluar dan mencoba untuk menutup kotak secepat mungkin, menutup Harapan didalamnya.

Menurut Hesiod Harapan memang tinggal di dalam karena itulah yang Zeus inginkan, ia ingin membiarkan orang menderita untuk mengerti bahwa mereka tidak mematuhi dewa mereka. Pandora adalah orang yang tepat untuk melakukannya, karena dia cukup penasaran, tapi tidak berbahaya.

mitos dari kotak Pandora itu telah menarik orang-orang sejak dulu , menarik imajinasi seniman yang tak terhitung jumlahnya, yang menciptakan lukisan-lukisan, mosaik dan patung-patung yang menggambarkan Pandora dan unsur-unsur mitologis. Mitos itu sendiri meskipun muncul dalam berbagai versi, yang perbedaan yang paling khas adalah bahwa dalam beberapa mitos Harapan tidak keluar. Tujuan utama dari mitos Pandora meskipun adalah untuk menjawab pertanyaan mengapa kejahatan itu ada di dunia.

Kelahiran Pandora di representasikan pada tumpuan patung Athena terletak di Parthenon di Acropolis di Athena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar