Label

anime (16) film (4) game (6) heroes (3) hoax (7) kartun (3) legend (4) movie (5) novel (4) villains (3)

Selasa, 22 Februari 2011

excalibur


Excalibur adalah pedang Raja Arthur, menurut legenda memiliki kekuatan ajaib dan memberinya hak memerintah Inggris. Kadang Excalibur dan Sword in the Stone (bukti keturunan Arthur) dianggap sebagai senjata yang sama, namun dalam banyak versi keduanya dianggap berbeda. Dalam bahasa Wales pedang ini bernama Caledfwlch.
Nama Excalibur berasal dari bahasa Perancis kuno Excalibor, yang berasal dari bahasa Latin Caliburnus. Dalam legenda Arthur, ada dua cerita mengenai asal pedang ini. Yang pertama adalah legenda "Sword in the Stone", pertama muncul dalam puisi Robert de Boron Merlin, di mana Excalibur hanya dapat ditarik dari batu oleh orang yang berhak menjadi raja, yaitu Arthur. Dalam versi kedua, yang muncul dalam Suite du Merlin, Arthur menerima Excalibur dari Lady of the Lake setelah pedang pertamanya rusak dalam pertempuran melawan raja Pellinore.



Dalam kisah roman Arthur, beberapa penjelasan diberikan untuk kepemilikan Arthur dari Excalibur. Dalam Robert de Boron's Merlin, Arthur memperoleh takhta dengan menarik pedang dari batu. Dalam account ini, tindakan tidak dapat dilakukan kecuali dengan "raja sebenarnya," yang berarti raja yang secara ilahi yang diangkat atau ahli waris sebenarnya dari Uther Pendragon. Pedang ini diyakini oleh banyak orang sehingga Excalibur menjadi terkenal, dan identitasnya dibuat jelas tertera pada Vulgata Merlin continuation , bagian dari lancelot-grail circle, dalam apa yang kadang-kadang disebut Post-Vulgate Merlin, Excalibur diberikan kepada Arthur oleh Lady of the lake beberapa saat setelah ia menjadi raja. Dia menyebut pedang "Excalibur, yaitu dengan mengatakan sebagai potongan-baja." Dalam Vulgata Artu Mort, Arthur memerintahkan Girflet untuk melemparkan pedang itu ke danau enchanted. Setelah dua kali gagal (karena ia merasa seperti sebilah pedang yang besar tidak mesti di buang), ia akhirnya memenuhi permintaan raja melukai dan tangan muncul dari danau untuk menangkap itu, kisah yaitu menjadi melekat pada Bedivere bukan di Malory dan tradisi Inggris.

Malory catatan kedua versi legenda dalam bukunya Le Morte d'Arthur, dan membingungkan panggilan kedua pedang Excalibur. Film Excalibur upaya untuk memperbaiki ini dengan hanya memiliki satu pedang. Lady of the lake memberikan pedang untuk Merlin, yang kemudian dihadiahkan kepada Uther Pendragon ("pedang ! kau menjanjikan aku sebuah pedang!") sehingga Uther menggugat klaim dirinya atas takhta .yang kemudian hari,Uther menancapkan Excalibur ke sebuah batu besar setelah ia terluka parah oleh pria Cornwall. Arthur, tentu saja, satu-satunya yang dapat menariknya dan menjadi raja. Dalam pertemuan pertamanya dengan Lancelot, Arthur merusak Excalibur dalam duel mereka, tetapi Lady of the lake memperbaikinya.

Dalam banyak versi, pedang Excalibur itu diukir dengan kata pada sisi yang berlawanan.
Selain itu, ketika Excalibur pertama kali ditarik, dalam pertempuran pertama pengujian kedaulatan Arthur, pedang yang membutakan musuh-musuhnya. Thomas Malory menulis: "thenne he drewe his swerd Excalibur, but it was so breyght in his enemyes eyen that it gaf light lyke thirty torchys."
Sarung Excalibur adalah dikatakan memiliki kekuatan sendiri. luka karena kehilangan darah, misalnya, tidak akan membunuh pembawa sarung tersebut. Dalam beberapa kisah, luka yang diterima oleh orang yang mengenakan sarung tidak berdarah sama sekali. kemudian Sarung ini dicuri oleh Morgan le Fay dan dilemparkan ke dalam danau, hingga tidak pernah ditemukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar